Powered By Blogger

Translate

Sabtu, 26 April 2014


Peringatan Hari Jadi Sumedang Diisi Berbagai Kegiata

SUMEDANG, (PRLM).-Peringatan Hari Jadi Kab. Sumedang yang ke-436 tahun 2014, akan diisi dan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan. Kegiatan tersebut, diantaranya nikah massal sebanyak 436 pasangan, pendaftaran BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), stan pameran pembangunan dan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah), tablig akbar dan panggung hiburan rakyat.
“Tema Hari Jadi Kab. Sumedang tahun ini, yakni ‘Sumedang Sehat’,” kata Ketua Panitia Hari Jadi Kab. Sumedang yang ke- 436 tahun 2014, Dr. Hilman Taufik di RSUD Kab. Sumedang, Jumat (11/4/2014).
Ia yang juga menjabat Direktur RSUD Sumedang mengatakan, acara nikah massal sebanyak 436 pasangan itu, disesuaikan HUT Sumedang tahun ini yang menginjak ke-436 tahun.
Para pesertanya, selain pasangan yang belum menikah, juga pasutri (pasangan suami istri) yang belum memiliki surat nikah. “Kegiatan ini untuk membantu masyarakat yang tak punya biaya untuk menikah sehingga kami fasilitasi melalui nikah massal ini,” tutur Hilman.
Selain itu juga, kata dia, sehubungan tema hari jadi “Sumedang Sehat” sehingga panitia akan membuat stan khusus yang melayani pendaftaran BPJS JKN.
Di stan itu akan dihadirkan salah satu bank pelaksana BPJS sehingga pendaftarannya bisa langsung selesai di tempat. “Kita berikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses BPJS JKN,” ucapnya.
Hilman mengatakan, acara yang tak kalah menarik termasuk salah satu ciri khas hari jadi tahun ini, yakni lomba “Desaign Visualisasi Sejarah Singkat Kab. Sumedang”. Lomba tersebut berhadiah uang tunai Rp 5 juta. Pendaftarannya sampai tanggal 17 April nanti.
“Jadi, saat membacakan sejarah singkat Kab. Sumedang dalam sidang paripurna di gedung DPRD, akan dibarengi tayangan visualisasi sejarah singkat Kab. Sumedang. Sebelumnya, tidak begitu. Nah, baru tahun ini kami akan menayangkan visualisasi sejarah singkat Kab. Sumedang,” tuturnya.
Lebih jauh ia menjelaskan, kegiatan lainnya yakni lomba desaign batik kasumedangan. Meski gambar batik kasumedangan sudah ditetapkan oleh bupati yakni gambar kujang buhun dan cadas pangeran, namun yang dilombakan pembuatan motif dan coraknya. Bagi pemenang, motif atau corak batik kasumedangannya akan mendapatkan hak paten melalui SK Bupati.
“Ada lagi lomba lainnya, yakni lomba kebersihan di lingkungan RT dan RW berhadiah Rp 10 juta. Di tambah lagi kegiatan sosial lainnya, seperti santunan anak yatim, orang jompo dan sunatan massal. Guna memeriahkan hari jadi ini, akan ada upacara adat serta panggung hiburan rakyat,” ujarnya. (A-67/A-89)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar