Powered By Blogger

Translate

Senin, 24 Februari 2014

Terisolasi, 1800 Warga Cicarimanah Pindah Alamat

Sumedang - Sebanyak 1.800 warga Desa Cicarimanah, Kecamatan Tomo terpaksa pindah alamat ke kecamatan lain karena terisolasi. Mulai Januari tahun depan, mereka pindah ke Kecamatan Situraja.

“Secara resmi kepindahan mereka akan mulai pada Januari 2014 nanti. Alasannya karena daerah mereka terisolasi, sehingga mereka memilih bergabung dengan Kecamatan Situraja yang lebih mudah aksesnya,” kata Sekretaris Camat Situraja, Cicim Sondali, Senin (18/11/2013).

Pemerintah kecamatan Situraja sangat menyambut baik kedatangan warga barunya. Meski sejumlah urusan pemerintahan akan bertambah di kantornya seperti mengurus dokumen kependudukan warga baru.

Saat ini, pihak kecamatan sedang menyosialisasikan rencana kepindahan ribuan warga tersebut agar nantinya bisa saling berkoordinasi satu sama lain.

Kepindahan warga dari kecamatan lain diakui Cicim akibat warga yang kesulitan beraktivitas dalam masalah sosial dan ekonomi. Selama ini warga Cicarimanah harus menempuh jarak hingga 30 kilometer hanya untuk ke Tomo.

Sebelum kepindahannya nanti, pihak Kecamatan Situraja sudah melakukan Musrembang tingkat Kecamatan Situraja dengan mengundang warga Cicarimanah agar mendapatkan arahan tentang program kecamatan yang barunya.

Cicim menambahkan, untuk perubahan administrasi seperti KTP, KK dan surat keterangan lainnya warga Desa Cicarimanah akan dilakukan secara bertahap dari mulai Januari 2014.

"Mekanismenya masih diatur, seperti KTP, kalau masa berlakunya sudah habis, baru mendaftar dan diubah alamat menjadi Kecamatan Situraja," tuturnya. [hus]

1 komentar: